Jaket Ojol Mendadak Jadi Tren Fesyen Turis Bule di Bali

Jaket Ojol Mendadak Jadi Tren Fesyen Turis Bule di Bali

Posted by

ESTELLEX – Jaket ojek online (ojol) mendadak jadi obsesi mode bule-bule turis di Bali. Kok bisa ?

Fenomena tersebut terabadikan oleh kamera ponsel warga kemudian berujung viral di TikTok. Content creator bule pun tak mau melewatkannya.

“Sungguh aneh itu bisa menjadi semacam tren sekarang,” ujar Hamish Newton-Vesty dari Australia kepada,┬áSenin (29/4/2024).

BACA JUGA : Ledakan Gas Tewaskan 8 Orang di Restoran Beirut Lebanon

Salah satu unggahannya di TikTok memperlihatkan cuplikan-cuplikan singkat wawancara dia dengan sekelompok pria bule yang sedang asyik jalan dan clubbing.

“Berapa harga yang kalian bayar untuk jaket Gojek,” tanya Hamish. Mereka sebenarnya sedang memakai jaket berlogo Grab. “200.000!” jawab salah satu pria sampai membuat Hamish kaget.

Di video lain, dua turis asing yang memakai jaket Gojek dan Grab mengaku membeli jaket tersebut masing-masing seharga Rp 300.000. “Apakah itu sepadan?” tanya Hamish yang memiliki 5000-an pengikut di Instagram. Kemudian mereka membalas, “Oh yeaah.”

Tak dijelaskan lebih lanjut dari mana mereka membelinya. Apakah langsung dari driver ojol, atau situs belanja e-commerce.

Hamish yang intens bolak-balik ke Bali untuk liburan mengatakan membuat video tersebut setelah berulang kali melihat banyak turis sepertinya memakai jaket itu. Adapun video wawancaranya dengan tiga pria bule direkam beberapa bulan lalu di kawasan Canggu.

“Hari berikutnya saya melihat grup yang terdiri dari empat pria pergi berpesta pakai jaket serupa. Hampir setiap malam pasti kamu akan menemukan seorang turis memakai jaket itu,” katanya.

Baik Grab, maupun Gojek, sama-sama beroperasi di Bali. Grab didirikan di Singapura, sementara Gojek merupakan korporasi asal Indonesia. Perusahaan penyedia jasa transportasi itu juga menawarkan layanannya di beberapa negara Asia Tenggara.

BACA JUGA : Fakta-fakta TikTok Dilarang di Amerika Serikat

Menurut Hamish, mungkin para bule yang biasa berlibur di Indonesia dan negara-negara tetangganya sudah cukup familier sehingga mudah terpengaruh untuk mengikuti tersebut.

“Dan jaket berwarna hijau terang itu memiliki desain yang tidak jelek-jelek amat,” katanya. (Pada 2018, Gucci pernah merilis jaket yang disebut-sebut mirip jaket ojol. Harganya kala itu hampir setara dengan biaya beli motor).

Ia pun mengaku, sempat ada keinginan untuk membelinya dan memakai jaket tersebut saat mewawancarai para turis di Bali.

“Mungkin aku akan melakukannya ketika kembali ke Bali nanti,” ujarnya.

Wolipop sudah meminta tanggapan dari Grab terkait unggahan viral tersebut. Namun, Grab belum dapat memberikan respons.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *